Sunday 1 June 2014

Setengah Berani atau Berani Setengah-setengah?

Gw punya akun Instagram (IG) khusus buat stalk online shops. Emang sih, bikin mata seger dan jadi kepenginan mulu T.T

Nah, buat yang demen belanja online dan suka kepo macam ai inilah, sepertinya wajib follow akun-akun yang menjadi wadah pengaduan. Istilah kerennya, blacklist dan curhat.

Gw follow dua akun seperti itu. Yang satu melayani blacklist dan curhat, satu lagi khusus curhat. Apa bedanya? Kalo yang khusus curhat, ya curhat doang, dan mereka gak akan mengunggah curhatan yang menampilkan nama orang atau OS (Online Shop, bukan Operating System yaw) yang menjadi sumber kekesalan mereka itu. Yang satu lagi ya, terang-terangan nampilin nama OS/customer yang dilaporkan. Hm, untuk memudahkan, akun blacklist dan curhat ini kita sebut aja Mawar ya. Eh tunggu, Mawar sekarang konotasinya serem nih, ganti aja deh ya jadi Anggrek. Sedangkan akun khusus curhat, kita sebut aja Cookies. (Yessss suka-suka yang nulis yaaa)

Gw ngikutin Anggrek duluan. Awalnya gw suka, mereka ini (ada 2 adminnya. Eh, satu owner, satu admin. Yang lebih aktif kayanya si admin) tampak gagah berani membela nasib para pencurhat yang dijolimi. Tanpa kenal takut mereka tag langsung OS/customer bandel yang membuat susah hati followers mereka.

HINGGA SUATU HARI. Admin Anggrek menampilkan keluhan seorang customer yang merasa ditipu oleh beberapa OS besar yang mengadakan give away. Eh, gw jelasin lagi ya. OS besar maksud mereka ini adalah OS dengan follower puluhan hingga ratusan ribu, yang mungkin punya hingga 3 admin. Give away berarti bagi-bagi hadiah gratis dengan bintang kecil, alias S&K berlaku. Si admin Anggrek pun tanpa gentar men-tag OS-OS besar terkemuka ini, dan para followers pun ikut bersorak melihat jagoan mereka berani melawan penindas.

HINGGA SUATU HARI. Tiba-tiba admin Anggrek mengunggah posting permintaan maaf, dengan nada mengiba-iba. Gw inget betul, dia menulis "udah dong, mimin udah nangis mulu nih..." dan followers mereka yang setia pun sibuk mem-puk-puk si mimin. Ternyata punya ternyata, si pelapor salah paham dong. Gak ngerti gimana, intinya salah paham aja, dan OS-OS mahabesar itu gak bermaksud menipu. Kalo kesan gw waktu itu sih, OS-OS dewa ini bener-bener sombong lho. Oke lah, mereka bener, tapi ya gak gitu juga lah caranya, ngancem-ngancem si mimin Anggrek, ngata-ngatain kalo akun ini sotoy dll dll, jangan main-main sama mereka. Ebuset deh, berasa berhadapan sama pasukan Kaiju aja deh ah. Tentulah si mimin yang masih unyu-unyu ini pun ciut, meminta maaf sana sini (dia personal chat dengan para owner OS Kaiju untuk memohon maaf). Selesai. Akun Anggrek sempat tersendat, namun terus berjalan seperti biasa.

HINGGA SUATU HARI. Gw kena nih sama OS centil sok ngada-ngadain give away (GA), tapi pas pengiriman alesannya sakit, operasi di Singapura, tunggu pulang, eh ga nyampe-nyampe lah intinya. (Yes, you, Ai_lashes, duh sayang gw lupa nama asli lu. Kalo sampe lu boong, ga beneran operasi sih, gw doain lu beneran lho sakit dan operasi) Gw pun ngadu ke si mimin Anggrek, dengan ekspektasi dia bakal unggah dan terketuklah hati si OS gombal itu. Chat pertama ditanggapi ramah, tapi setelah itu hanya di-read. Gw dengan sabar menanti posting aduan gw. Gak ada dong, hingga 2 minggu. Lalu gw chat lagi. Si mimin yang selalu dipuja-puji "cantik, ramah, bijak, pinter endebrey endebres" ini hanya meresponi singkat, "silakan rechat" dan kembali semua laporan gw di-read doang. Gw udah susah-susah layout biar kalo tar diunggah udah dalam readable size, jadi dongkol juga dong dicuekin lagi dan lagi. Akhirnya gw pun email, dengan bahasa formal. Jreng jreng balasannya dong. Ternyata mereka kapok menerima laporan tentang GA, karena TAKUT kena getahnya. Aihhh. Gw berusaha maklum, yaah namanya juga masih unyu (udah kuliah sihhhh). Terus gw kasih masukan agar mereka ngasih tau ke readers (sebutan buat fangirl mereka) bahwa mereka gak menerima laporan tentang GA lagi. Balesannya cuma thank you bla bla bla. Dan sudah bisa ditebak, mereka gak kasih pengumuman tentang kriteria aduan yang diterima/tidak. Sejak itu pandangan gw ke mereka langsung drop jauh. Walopun gw emang masih follow mereka, soalnya lumayan berguna buat tahu akun-akun yang bermasalah. Nah, gw pernah ketemu sekali komen si mimin "cantik, ramah, bijak dan pinter" ini di akun OS lain, intinya si mimin ini manas-manasin si OS yang tengah dongkol sama customer yang bandel. Duh, jauh banget deh dari kesan humble dan dewasa yang ditampilkan di akun Anggrek. Dan makin ke sini, setiap ada reader yang komennya agak "melenceng", yaa anggaplah bukan yang memuji-muji mereka, biasanya mereka akan nyolot bok. Duh, males banget. Pokoknya tanggepan mereka jadi nyolot dah sekarang. Gak tau kenapa. Kurang piknik kali. Padahal sering dapet barang gratisan, hihihi. Oya, terus mereka juga suka delete posting. Okelah, kalo masalah udah clear, iya dong dihapus gak masalah banget. Tapi menurut gw, ada beberapa yang dihapus karena mereka TAKUT tadi.

 

Nah, kalo akun yang satu lagi, si Cookies ini, walopun cuma menerima curhat, tapi jauh lebih lugas. Sepertinya sih emang mimin-miminnya lebih dewasa (secara usia & pemikiran), dan salah satu mimin (mereka ada 2), berdasarkan hasil stalkingan gw, pernah tinggal beberapa tahun di luar negeri. Ya mungkin gak heran pemikirannya cukup terasah. Mereka berani aja tuh negur dan ngasih pendapat dengan objektif, bahkan ke si pelapor sekalipun. Jadi kalo menurut mereka lu yang aneh, ya mereka bilang. Hebatnya, mereka bisa ngasih pendapat begitu dengan santai, with a pinch of humor, yang menurut gw, susah bikin sakit hati, sekaligus nampar. Salutlah sama mereka. Dan cara mereka mengiklankan barang-barang yang mereka terima, itu keren banget. Sepenuh hati banget, kalo istilah readers.

Jadi ya... buat dedek mimin & owner Anggrek, bolehlah dicontoh keberanian mimin Cookies ini. Stand for what you believe! Ya kalok yang lu believe itu menyampaikan kebenaran tanpa rasa takut. Ehehehehe. Kalo digebrak sekali dua kali gitu aja takut, tapi masih buka akun blacklist sih menurut gw agak anyep gimana gitu ya. Kalo kayak kue, masih lembek gitu lho.

Anyway, salut buat waktu yang kalian semua curahkan untuk menyediakan wadah bagi mereka yang terjolimi. God bless you all.

No comments: