Friday 15 January 2010

antara paijo dan bejo

Pernah perhatiin gak, di cerita-cerita yang mengisahkan orang-orang *maap maap* kampungan dan gubluk, pasti namanya gak jauh-jauh dari Paijo, Bejo, Bedu, dsb.
Mana ada coba yang pake nama Charles, Michael ato Edward?
Apa karena kesan yang ditimbulkan memang ngampung dan lugu? Padahal bisa aja si Paijo ato Bejo itu punya bisnis yang bikin tujuh keturunan mereka gak usah pusing soal biaya hidup, sementara si Edward ato Michael kena tipu mulu, baik dalam usaha maupun bercinta? *halah*

Anyway... semalem ada kejadian yang cukup menggelitik di rumah si bee.
Kita lagi makan malem dengan lauk chicken wings yang endang bambang masakan camer.
Di ruang sebelah lagi ada ribut-ribut kecil. Sepupu si bee yang tinggal serumah lagi nyap-nyap gara-gara kompor barunya. Kompor yang kelihatan sophisticated dengan pancinya yang cling cling ternyata gak bisa dipake buat ngegoreng. Err... tepatnya pancinya sih. Sekilas pandang sih sebenernya langsung ketauan klo panci model kayak gitu bisanya dipake buat ngerebus, not for frying. Nah, mungkin dipake buat ngegoreng kali ya, jadinya si panci malang itu pun gosong. Tapi si sepupu tetap ngotot, "Ini ada tulisan fry! Fry kan goreng! Berarti ini bisa buat goreng dong! Lagian katanya mesti pake panci khusus ini, gak boleh pake panci laen!"
Bokap bee dan temennya si bokap yang lagi di sana pun ngejelasin kalo pancinya nih gak cukup tebel, ini cuma buat ngerebus, gak bisa buat goreng, belum lagi soal induksi yang saya gak paham, ahaha.
Akhirnya si sepupu cuma bisa ngedumel dan nyalahin satu orang (entah dia yang ngejual ato apa), tebak siapa? PAIJO!
"Dasar emang si Paijo bego! Goblok! Paijo bego!"
Begitulah omelannya berulang-ulang.
Si bee lalu berkata lirih pada saya, "Paijo bego. Dia kena tipu Paijo. Berarti...."
Saya bengong sepersekian detik, lalu ketawa keras-keras.
Akakakakakakak.

No comments: