Thursday 20 March 2014

Ben's milestones in recap

Waktu masih bayi sekali, setiap kali Ben nangis, gw selalu usahain langsung nyamperin dia. Suatu kali, dia menangis minta nenen - umurnya belum seminggu waktu itu, gw agak terlambat ngegendong dia, dan begitu I scooped him into my arms, tiba-tiba dia mendelik gitu ke gw sambil nangis kenceng. Tatapan matanya waktu itu seakan-akan bilang, "Ke mana aja sih?? Lama banget!!" :p

Kejadian itu sangat berkesan, masih gw inget betul hingga sekarang si baby udah 2 tahun 2 bulan lebih. Mungkin itu jadi salah satu hal yang bikin gw yakin, Ben anak yang tahu apa yang dia mau, gak perlu dipaksa, he knows his limit.

Agak lebay ya, hihi. Tapi yah, entah kenapa, gw percaya hal itu.

Ketika masih di bawah 6 bulan dan belum makan, Ben terhitung underweight. Badannya kurus, kecil, tapi aktif luar biasa. Pertumbuhannya juga oke. Dan begitu masuk waktunya makan, boom! Seolah-olah dia dipompa (istilah temen deket gw yang liat dia waktu itu), berat badannya melesat naik. Ah, gw jadi ingat, kalo malem-malem gw liat dia yang masih kurus kecil, rasanya susah banget hati gw, dan seperti ada suara yang ngomong dalam hati gw, "Don't worry, Mama. I'll be alright, I'm doing fine." :')


Belajar percaya pada anak itu memang bukan konsep yang mudah dipahami, apalagi dijalankan oleh orang tua pada umumnya. I mean, sebagai orang tua, pastilah kita punya keyakinan, I know the best. Itu gak sepenuhnya salah sih. Well, seenggaknya buat orang tua yang rajin memperdalam wawasan dan mau belajar ya, hehehe. Kalo buat yang ngeyelan dan sok pinter sih, mereka juga tau the best sih, tapi ya the best versi mereka. Halah, mbulet dah. Oke, back to topic!

Belajar percaya pada anak berarti memberi kesempatan pada anak untuk memahami kapasitas mereka sendiri, yang kemudian akan memberi mereka kepercayaan diri (confidence) yang sehat.

Misalnya, gw belajar dalam hal yang sederhana; soal makan. Meal time sepertinya jadi momok untuk hampir semua orang tua. Anakku gak mau makan! Anakku lepeh! Anakku picky eater! Anakku makannya ngemut! Anakku makannya sambil lari-larian! Anakku makannya gak brenti-brenti! (ini sih jarang kayaknya).
Nah, karena Ben punya sejarah underweight, jujur gw jadi suka parno kalo ada masanya Ben mulai ogah-ogahan makan, susah banget disuapin, ato makan gak sampe abis. Sering gw marah-marah, ngambek, dan itu bisa bikin mood gw berantakan. Lucu ya, padahal gw udah hapalin baik-baik konsep bahwa makan itu gak bisa dipaksa, let it be a joy for your children. Kita juga mana ada yang suka dipaksa makan? Apalagi kalo kenyang sampe kebengking-bengking, bisa pecah perut kalo masih aja disuapin, ya kan.
Sampe sekarang masih suka senep gw kalo Ben mulai males buka mulut, makan ga abis - yang mana sebenernya jarang sih terjadinya, tapi ya itu balik lagi, belajar percaya sama anak. Mereka itu bukan manusia kecil yang bodoh kok. Dan memang terbukti sih, setiap kali Ben mulai ogah makan, besoknya dia kayak balas dendam. Makannya banyaaaaak banget. Hahaha.

Dulu, gw suka desperate kalo ngajarin Ben jangan main air, kalo mo buka keran ya kecil-kecil aja airnya. Pasti dia lakuin yang sebaliknya! Eh tapi belakangan ini, pas lagi mandi, tau2 dia bisa ngomong, sambil buka keran, "Angan ede-ede. Ecil-ecil." ["Jangan gede-gede. Kecil-kecil (aja)." terj.]

Aduhhhh terharuuuuu banget waktu denger itu. Surprised, terharu, lega. Ya ampun, apa yang gw ajarin ternyata didengerin juga lhoooo. Makanya, jangan lelah hai orang tua, apalagi yang masih baru kayak gw, apa yang kita tabur dengan sungguh-sungguh pasti tertanam kok di hati mereka! ^^

Ada pula hal simpel seperti lap tangan abis cuci tangan, balikin barang abis dipake (ini sih contoh dari bapaknya banget, dan bikin bapaknya super terharu juga, hihi).

Beberapa hari yang lalu, si boy kembali bikin surprise.
Suatu pagi, gw ajak dia jalan ke toko roti. Kita muter lewat gang belakang karena lebih sepi dan jalan lebih lebar, jadi dia bisa lari-lari atau jalan sendiri dengan lebih aman. Nah, matahari pagi lagi bersinar lumayan kencang, Ben tiba-tiba angkat tangan ke atas dan bilang, "Atayiii... Ciyauu...." ["Matahariii.... Silauu..." terj.]"
I was genuinely surprised.
First of all, how come he understood the concept of "it is sun that brings heat and light in the morning"?? Gw ga inget ngajarin itu lho!! Perkenalan dia dengan matahari barulah sebatas gambar di piring makan dia. Ben lebih akrab dengan bulan, karena memang kita lebih sering keluar malam :p
Jadi gimana dia bisa ngerti yang bikin silau itu matahari, walahualam deh.

Siangnya, dia minta setelin Jim Jam. Gw bukan tipe yang suka kasih anak nonton TV biar diem, kesian lho liat anak itu bengong nanar ngeliatin layar bercahaya depan dia. Mending gw ajak main. Walopunnnn, ya ada masanya gw terpaksa let it happen biar gw bisa masak, bisa istirahat bentar, tapi dalam hati ya tetep gak tega :(
Kali itu, karena gw mau masak, ya udah, gw kasih nonton aja. Ben pun gak akan lama nonton, paling satu film, abis itu dia ngacir dan sibuk dengan mainan sendiri, kadang-kadang nengok TV kalo pas ada lagu. Nah, waktu itu dia nonton, tepatnya TV dinyalakan cukup lama, kira-kira dari jam 11 hingga jam 1 kurang.
"Yuk, matiin TV-nya," kata gw.
"Gaaak, mau oton!" si boy menolak.
"Ayooo, udah lama nih nontonnya," bujuk gw.
"Mau akisiii..." ["Mau Monkey See Monkey Do" (terj.)]

Ya udah, karena gw juga lagi mau ngapain gitu, gw pun nego. "Boleh, tapi abis ini matiin ya."
"Oke!"
I didn't expect anything. Makanya, ketika credit title bergulir, dia bangun dari duduknya dan jalan ke TV lalu memencet tombol power, I was in an honest awe.

Thank you, my babyboy, you've taught me sooooo much.

No comments: