Monday 22 September 2014

BerryBenka vs Pink Emma - Review


Setelah sekian lama gw belanja online lewat Instagram, beberapa hari yang lalu gw ketemu penawaran yang cukup menarik dari online shop besar di Indonesia: BerryBenka dan Pink Emma.

BerryBenka (BB) dan Pink Emma (PE) bukan situs asing sebenernya buat gw. Cukup sering juga gw jajan mata di situ. Sekilas, Pink Emma terkesan lebih murah, email-email penawaran yang dikirimkan pun terasa lebih personal, dengan membubuhkan sapaan "sis" dan menyebut si penerima email dengan "kamu".

Gw lagi nyari-nyari ikat pinggang diameter kecil yang biasa dipake buat dress, dan biasalah, cewek, dari ikat pinggang bisa nyasar ke cardigan, kemeja, dress, rok, tas, balik lagi nyari kemeja hitam-lah, kemeja motif bunga-bunga-lah.
Pilihan pertama tadinya ke PE, tapi waktu jalan-jalan di BB, ketemu produk yang gak terlalu mahal dan kelihatan bagus. So, gw pesen ikat pinggang di BB. Agak kaget waktu masuk ke detail pembayaran, karena ongkirnya (JNE) 9500 perak. Padahal setau gw, ongkir JNE antar Jakarta itu 8000 perak untuk reguler. Belum lagi ada tambahan kode pembayaran, sebesar 252 perak. Kecil sih emang, tapi gw selalu sebal kalo ketambahan kode begini, kan jadi gak bulet lagi harganya, gak sesuai yang tertera. Ish.
Maka, dengan harga ikat pinggang sebesar 35.000 perak, total yang harus gw bayar untuk belanja di BB adalah 44.752 perak.

Di waktu yang bersamaan, gw juga lagi keliling di PE, dan ketemu penawaran seru. Ada cardigan yang sedang diskon 49%, lalu dapet kode diskon lagi (potong 25 ribu), jadi cardigan yang asalnya senilai 89 ribu, total hanya senilai 24 ribu rupiah! Plus ongkir 9 ribu, jadi gw harus transfer 33 ribu perak.

Pembelian sama-sama dilakukan pada Kamis malam. Gw prediksi Sabtu sore bisa sampe, ato paling apes Senin lah.


Sabtu siang, pintu pagar gw diketok kurir REX. Seperti biasa, gw tanya bisa gak barangnya diselipin lewat lubang pagar. "Gak bisa, Bu. Amplopnya besar," jawab si kurir singkat. Ya sudah, gw buka pagar, lalu si kurir menyodorkan amplop cokelat besar dengan logo Pink Emma di atasnya.
"Tanda tangan dan nama," si kurir tanpa basa-basi menyodorkan sehelai nota.
Di dalam amplop tersebut terbungkus rapi cardigan pesanan gw, beserta sehelai surat ucapan terima kasih secara personal dari tim Pink Emma. I was impressed!


Sekitar satu atau dua jam kemudian, pagar gw kembali diketok oleh kurir, kali ini JNE. Kurir yang lebih ceria ini menyerahkan bungkusan kotak dari BerryBenka.
Di dalamnya kotak hitam yang kokoh dengan grafir nama BerryBenka di atasnya. Terselip nota retur jika dibutuhkan. Ikat pinggang gw tiba dengan selamat, dan barangnya sesuai harapan.

Malam itu, gw buka laptop buat kasih testimonial buat BB dan PE. Ternyata ada email dari kedua pihak, masing-masing menyatakan bahwa konfirmasi pembayaran sudah diterima, dan barang sudah siap dikirimkan. Gw membalas dua-duanya, dan khusus untuk PE, gw sampaikan apresiasi terhadap upaya mereka mempersonalisasi layanan.
Pink Emma langsung memberikan balasan berupa ucapan terima kasih bla bla bla semoga belanja kembali, sementara BerryBenka baru membalas 2 hari kemudian.


Berikut penilaian gw secara pribadi untuk kedua online shop ini:

BerryBenka
Pro(s):
- Ada pilihan untuk retur, tentu syarat dan ketentuan berlaku. Menurut gw ini fair, mengingat kita belanja hanya mengandalkan feeling dan indra penglihatan. Di form returnya sendiri ada pilihan pengembalian barang karena tidak sesuai dengan yang kita lihat di web, atau karena tidak muat.
- Packaging kotak dengan stiker fragile, memberi jaminan rasa aman. Kotaknya sendiri juga cakep, kokoh, berkesan mewah dengan tulisan warna emas.
- Cepat sampai.

Con(s):
- Ada tambahan berupa kode pembayaran. Buat pembeli pedit model gw ya lumayan berasa.
- Ongkir yang lebih mahal, padahal sama-sama Jakarta Barat, dan setau gw kalo langganan JNE malah mereka bisa dapat harga diskon. Berarti mereka ambil untung lagi ya dari ongkir, hiks.
- Proses pembayaran yang lebih ribet, mungkin web-nya lebih berat atau sibuk, gw harus ulang beberapa kali sampai proses berhasil.

Pink Emma:
Pro(s):
- Sepertinya barang-barangnya memang lebih murah. Murah hati juga, karena sesudah diskon masih bisa mendapat potongan dari kode voucher, jarang kan ada penjual yang kasih promo ganda begini.
- Pelayanan yang personalized. Gw jatuh hati!

Con(s):
- Gak ada pilihan retur.
- Pelayanan personalized, yang kadang justru jatuhnya creepy :D I mean, gw pernah dapet email dari PE yang nanyain gw ke mana kok udah lama gak main ke situ, terus mereka rajin email kasih tau produk-produk yang mungkin kita sukai (pastinya berdasarkan klik-klik kita di situs mereka).


So far, pilihan gw jatuh ke Pink Emma, untuk barang dan harga plus pelayanan yang menyenangkan!



Bungkusan Pink Emma

Kotak keren BerryBenka

Isi kotak BerryBenka
Surat cinta dari Pink Emma





24 comments:

PinkEmma said...

Hello Dear,
Terima kasih atas reviewnya yang menarik terhadap PinkEmma.

Jika berkenan, boleh kami tahu email yang digunakan pada saat memesan produk di PinkEmma? Terima kasih banyak :)

dwey said...

@PinkEmma:
oh hai, what a pleasant surprise :)
email yang saya gunakan adalah katacheo@gmail.com
Thank you :)

Unknown said...

Nice review :) congrats buat Pink Emma yang sukses memikat costumer

Anonymous said...

Biasanya yang nambah di ongkir itu, karena mereka pake kurir mbak.. untuk ambil barang di warehouse. jadi bukan krn olshopnya ambil untung dari ongkir

Weni Anditya said...

Hay dear,

PinkEmma memang bukan hanya menjual barang melainkan juga jasa pelayanan kirimannya cepat. Sejauh ini memang saya juga lebih nyaman belanja disana :)

Unknown said...

Q juga selalu langganan di pinkemma, cz bisa COD hehehe...

Anonymous said...

adu berrybenka payah, masa aku retur karna barangnya cacat uda 1minggu ga di tukar2, mba2 cust servicenya juga kalo di tanya balesnya mohon menunggu terus. trus kalo di tlp selalu sibuk, aku suru tlp balik dia gaperna tlp balik. malah kirim email mohon menunggu terus. jadi kayak ngemis2 minta info barang, dikasi info tapi ga ngejawab sama sekali. trus masa aku mau trasnfer karna aku tuker barangnya beda kan, dia blg mohon menunggu mulu.buset. giliran mesen barang langsung di anter, giliran nuker jadi pengemis kitaa mohon2. ga banget tuh. pdhl kita jg gabakal nuker kalo barang kgk cacat. masa ak mesen celana krem ada bercak2 birunya, kan gila. minta duit dibalikin aja disuru nunggu mulu. bener2 galagi2 deh belanja sama berrybenka

Anonymous said...

Belanja Di PinkEmma juga lebih cepat nyampe sama pelayanan nya juga bagus

Anonymous said...

Pelayanan di berrybenka memang payah. Tanggapan customer service nya lama dan terkadang diabaikan. Mengenai produk nya sendiri biasa biasa saja, ga seperti di foto keliatanya keren keren. Penilaian saya dr skala 1-5. Dia berada di posisi 2 untuk pelayanan dan produk.

Anonymous said...

BERRYBENKA SHOP PALING JELEK DAN TIDAK BERKUALITAS.
awal tahun lalu aku pesan New Balance harga 899k yg dpt disc jd 670an saat aku bayar cod d manado, (smga ya sepatu Nb yg di jual itu asli) aku kmdian dpt telp stlh bayar kl mau retur brg, itu kyk maksa buat di retur. Ya aku pikir sbnrnya agak krg puas krn dus nya sdh tdk layak y di kirimkan, dan mulai kawatir sama Nb nya, aku blg krg puas sm dus nya , jd mrepka kasi vocer 50rb utk mnta maaf atas dus nya, krn aku gak mau retur krn mngkin ribet prosesnya , jd brikut aku belanja pk vocer trsb utk jegging olahraga yg d potong vocer 50 rb jd hrus bayar 35rb. Saat brg sampai d mdo , sumpah trnyta jelek banget tdk sama yg di gambar dan malah sobek, wuah kecewa bnget jd aku akhirnya retur dan minta refund uang 35rb , walau kecil tp aku pikir rugi krn kl di kalkulasi sama Nb aku yg d pesan sblmnya jd 670+34 , mereka yuntung dong, trus minta refund lama bget proses nya trus d blg hnya akan d refun 5000 rupiah krn ad syarat dan ketentuan, yg tdk di jelaskan sblmnya saat sy pilih retur brg dan refund. Pokonya jelek banget pelayanan mereka saat minta refund itu ngemis sampai 2 bulan baru diladenin. Ish sampah banget berrybenka

Anonymous said...

Mungkin si berrybenka lagi banyak banget orderan kali ya jadi proses retur atau refund nya agak lama. Kalo yang ongkir katanya 9.500 itu menurut saya sih buat bayar box yang mewah itu 1.500 nya. Murah laaah untuk ukuran box kece begitu. Kalo tempat lain kan pakai dus biasa. Maklum ratu online shop suka belanja online dimana2.Hehehe..
LKalo kode tambahan mungkin biar lebih cepet kali ya proses packing di gudangnya. Maybe..

Unknown said...

hai sist..salam kenal ya.aku september kemarin kan pesen heels ni...awalnya excited dengan barangnya.kliatan bagus.ternyata pas pesen, barang dah sampe kegedean, aku retur dh.ternyata barangnya yang mau aku retur uda abis.trus aku minta refund kan.trus juga dah aku baca di ketentuan klo biaya paket lbh dari 10.000 bisa direfund.
PAYAH BANGET POKOKNYA!!!biaya paket kirimku ga bs direfund, tp masuk ke voucher yang aku uda ga mau lagi pesen.sampe skrg uangnya belum direfund coba.sampe kayak ngemis2 gt.sampe aku kirimin print out transaksi sgala.parah banget deh.ga lagi2 deh belanja di berrybenka.

dwey said...

@Yosephine Dena:
whew, sorry to hear that sis, parah banget ya! Makanya sebenernya aku paling males kalo harus sampe urusan refund2 -.- Masih belum ada kabar juga sis dari BerryBenka?

tia witati said...

Pinkemma juga sangat mengecewakan! Aku curiga itu penipuan. Masa aku pesen hampir sebulan belum sampe pesenanku. Customernya sms katanya paling lama 7hari. Palahan udah hampir sebulan belum sampe2. Sangat memalukan. Keren nama doang pinkemma!

tia witati said...

Tolong segera proses pesanan saya. Jangan memalukan nama dari online shop terkenal seperti pinkemma. Tunjukkan keprofesionalan usaha yang anda jalankan sekarang. Jangan membuat publik kecewa karna ketidakprofesionalan anda

Mozza collection said...

dan pelayanan yg buruk itu terjadi lg hr ini kmrn berrybenka menwarkan point 50rb jika invite teman utk download aplikasi berry benka. tp setelah sy dpt dan sy belanjakan semua dicancel.. dan itu semuuuuuaaaaaa... dengan alasan semua yg belanja pake point dicancel. nah klo gitu ngapain gencar2 bikin promo begituan? dan skrg sy harus mengurus uang refund sy.. MENYEBALKAN

Anonymous said...

Untuk berrybenka sebaiknya yg COD Aja Sis dan Agan heheh

Anonymous said...

banyak yang kontra berrybenka ya :D
disini aku netral aja sih, aku pernah belanja dikeduanya. so far, aku lebih suka berrybenka, karena kualitasnya lebih bagus dan packagingnya lebih aman dan bonafide gitu hehe. terus juga soal pembayaran, aku selalu kirim konfirmasi bayar lewat email, jadi aku kirimin bukti transfernya (kaya beli di olshop biasanya tapi lewat email). terus kalo ga dibales" sih aku langsung live chat di webnya, dan itu fast respon gitu. jadi kayanya ini cuman masalah persepsi aja hihi

Anonymous said...

yah elah masalah sepele aja itu mah, namanya juga online shoping ya pake ongkir dan standar jne itu 9000an jadi ya wajar, kalo ga mau bayar ongkir mending beli langsung ke toko. untuk masalh penambahan biaya sebesar 100an perak mah sepele bgt, banyak online shop yg pake metode itu biar konfirmasi pembayaran cepet di proses.

Unknown said...

Gw juga baru pesen diberrybenka, liat komen2 kalian jadi takut barang yg gw pesen ga sesuai, tapi menurut informasi temen gw yg kerja di berrybenka dia bilang barangnya emang bagus2 sesuai gambar, tapi entah liat aja nanti semoga gw ga kecewa ������

Unknown said...

Apakah ada testimoni yg lebih bijak?dan kl cuma sekedar informasi tertulis rasanya kurang bijak

Anonymous said...

Ya mungkin yg terjadi pd sista2 ini satu banding berapa ratus kemungkinan, atau mungkin emang lagi apes sih hehe. Gue sering belanja di berrybenka dan menurutku itu memuaskan
Yang jelas dari packaging yg mewah itu, gue merasa kek dikasih hadiah. Bukan beli dr olshop hhaa
Trus barangnya juga bagus. Emang agak mahal sih tp menurut gue lebih eksklusif aja.
Dan yang jelas sering banget ngasih promo menarik! Pernah ada promo diskon 100% bayangkan! Ya sayangnya gue ga pernah dapet krn servernya selalu down kalo ada diskon segitu.
Ok thats all

Anonymous said...

Wah, kok berkebalikan sama saya ya...
Saya beeeerrrkali-kali belanja di Berrybenka, dan selalu puas sama produknya. Persis sama yang ada di web. Pernah ngembaliin juga karena ternyata bahan tas ga sesuai sama yang di gambar, dan proses refundnya mudah, dikembalikan sesuai yang saya bayar. Mungkin Berrybenka terus memperbaiki kualitas pelayanannya ya... :)

Anonymous said...

selalu puas belanja di berrybenka, harga diskon dan mendapat potongan harga dengan vocher lagi untuk live cht juga cepat dibalas, pengiriman cepat sampai. packingnya bagus rapi pokoknya puas banget banget bangettttt