Tuesday 9 February 2010

Perpanjang Paspor Sendiri (1)

Paspor saya bakal habis masa berlakunya April tahun ini, 2010. Tadinya belum kepikiran buat perpanjang, tapi karena diajak seorang teman untuk JJA (jalan-jalan asyik) ke negeri tetangga, maka saya pun mempercepat perpanjangan. Untunglah saya cepetin, soalnya ternyata kalo udah lewat atau terlalu dekat waktunya dengan expiry date-nya, kena denda bok, hihi...


Tadinya saya mau apply online, tapi di saat saya menyangka semua surat saya sudah lengkap, ternyata akte lahir saya ada di kampung halaman, Bangka. Setelah dikirim, saya pun dengan pede mengakses www.imigrasi.go.id buat apply online. Eh ndilalah, itu website down. 3 hari! Setelah bisa diakses kembali, saya pun dengan semangat mengunggah pindaian (*duh bahasanya*) surat-surat saya. Eh ndilalah dua kali, tau-tau website itu ngambek entah kenapa. Dia nolak gambar berwarna, saya ngerti. Saya ganti jadi BW. Dia bilang ukurannya kegedean, saya manut, saya kecilin di bawah 300kb. Dia bilang the dimension is too large? Err... don't get it man.


So! Saya menyerah dan menempuh jalan manual. Tadinya saya mau ke Kantor Imigrasi Jak-Bar yang di Fatahillah, tapi info dari seorang teman berkata kalo mo gampang, ke KanIm Jak-Pus aja, lebih cepet jadinya. Kebetulan tuh kantor deket kantor saya, jadi saya memutuskan apply lewat sana aja.
Hari ini, Selasa 9 Februari 2010, dianter si darling, saya tiba di KanIm Jak-Pus sekitar pukul 09.30. Wrong choice number 1. Saya kedapetan angka antrean 84. Sebelumnya saya sudah berpusing-pusing mencari loket formulir (bener-bener gak jelas sign system-nya! parah banget deh! bener-bener harus swadaya, alias tanya sana sini, hihi), mengisi, mengambil nomor antrean 84. Waktu saya tanya ke loket, baru nomor 20! Oh my God.

Saya tunggu dengan santai sambil melahap roti coklat keju dari yayang, karena berdasarkan info yang saya dapet, proses ini gak lama.
Memang, ada 2 loket di sana.
Memang, sekali manggil, mereka memanggil 10 orang (misalnya, 21-30).

Tapi...
mereka manggilnya kurang lebih 30 menit sekali.
Dan 2 loket itu manggilnya bergiliran, jadi sebenernya punya 2 loket ternyata gak banyak bantu.
Saya tunggu sampe pukul 12, nomor terakhir yang dipanggil adalah 60. Dari jam 9.30-12: 2,5 jam 60 orang. Karena mereka istirahat siang sampe jam 1 siang dan ada staff meeting, saya putuskan untuk kembali ke kantor sebentar. Saya kelaperan berat, jadi makan dulu. Pukul 2, saya kembali ke sana, jalan kaki kurang lebih sampe pukul 14:15. Saya tanya sama satu anak SMU yang kebetulan sempet saya intip punya nomor urut 85, 1 angka di bawah saya, "Udah sampe nomor berapa ya?"
"Udah sampe 90," jawab dia.
Haduh! Saya buru-buru lari ke loket 2, yang lagi sepi. Si bapak bilang, itu bagian loket 3. Saya ke loket 3 yang lagi ada customer. Setelah menunggu sebentar, saya tanya ke si bapak, apa yang harus saya lakukan karena saya udah kelewatan. Dengan tampang galak, dia bilang, "Nggak! Tunggu lagi!" Saya sempat lirik namanya, marga Batak.
Saya tunggu lagi dengan sabar, kurang lebih 15 menit. Terdengar lagi panggilan, nomor urut 91-100 dari loket 2. Saya buru-buru lari lagi ke loket 2 dan menyampaikan maksud saya. Si bapak dengan tampang bingung berkata, "Wah, gak bisa di sini Bu, tetep ke loket 3, karena masing-masing loket ada pencatatannya." Okee...
Saya balik ke loket 3. Si bapak Doli lagi santai-santai.
"Pak, nomor saya kelewatan nih, gimana ya?"
Dia menatap saya tajam. "Ibu dari mana emang??"
"Saya balik ke kantor Pak."
Dia terhenyak. Saya juga.
"Kalo saya bilang saya balik ke kantor juga gimana?" Ow, he tried to tease me yaaa.
Saya bengong. Sempet kepikiran mo nyeletuk, "Lha, kan ini emang kantor Bapaaakkk..." tapi saya gak mau macem2 ah sama petugas imigrasi.
Mungkin dia gak tega lihat tampang saya yang polos, jadi dia akhirnya menyuruh saya menyerahkan map berkas-berkas saya. 
Saya langsung sumringah dan berkata, "Makasih ya Bang!"
Dia ketawa dan bilang, "Eh, dia panggil Abang!"
Hoho.
Gak lama nunggu, 10 menit kali, si Abang manggil2 nama saya. Rada gak ngeh soalnya lagi asyik maen Word Mole. Si Abang langsung ngeledek, "Dipanggil bengong aja..."
Gak nyangka, tampangnya sangar, hatinya baek juga.
Sambil nyuruh saya lengkapin data2 formulir, dia ngajak ngobrol lho!
Tau saya belum merit, dia tanya kapan saya merit, waktu saya jawab akhir tahun ini, dia bilang, "Alhamdulilah.."
Waktu tau saya orang Bangka, dia tanya-tanya soal Belitung. Lho? hehe... Ternyata dia pernah ke Belitung 2x. Panas, kata dia.
Waktu nanya data-data orang tua, dia sempet nyetus, "Orang tua sehat-sehat?" :)
Setelah selesai dia cap dan tanda tangan sana sini, saya pun mendapat kertas berharga itu, panggilan untuk wawancara dan foto, seminggu lagi. Haleluya!
Dan lucunya, saya dipanggil sebelum si anak SMU yang udah nunggu dari tadi dan udah kasih berkasnya sebelum saya :D
Anyways... thanks ya Pak Putra Nabasa Doli... :D


Biaya yang saya keluarkan hari ini untuk pembuatan paspor:
1. Beli formulir + map (padahal katanya formulirnya gratis, beli map kali ye): 5.000
2. Pocari sweat: 5.000 (info gak penting)
3. Mikrolet: 2.000 (info gak penting)


Jadi total 12.000
Let's see biaya selanjutnya ya.. tulisan di papan sih paspor 48 halaman 200 ribu...

No comments: