Tuesday 23 February 2010

Perpanjang Paspor Sendiri (2)

Here we go again.
Seminggu kemudian (16 Februari), saya kembali menuju KanIm Jak-Pus tercinta. Kali ini dengan badan yang lagi gak fit, agak demam dan sakit kepala. Saya masukkan formulir ke loket 3 yang masih dijagai oleh Abang Doli. Saya senyumin dia, kayaknya sih dia udah lupa. Ya, gak papa Bang.

Tunggu punya tunggu, kok gak dipanggil-panggil yak, padahal cuma buat foto dan wawancara. Begitu waktu rehat diumumkan dan setelah didorong oleh si bebi buat nanya, saya pun nanya ke salah satu petugas.
Si petugas kaget dan suruh saya nanya ke Bang Doli. Si Bang Doli lebih kaget lagi, karena ternyata dia LUPA ngurusin punya saya! Berhubung badan saya udah lemes dan si BD juga kayaknya bener-bener khilaf, saya cuma tersenyum lemah menanggapi permintaan maaf dia. Dia suruh saya ke kasir segera dengan membawa kertas dari dia. Tapi kasir menolak, karena udah jam istirahat. Seperti biasa, saya minta jemput temen kantor, Juned, buat makan siang. Habis mengisi tenaga, saya kembali lagi ke KanIm.
Oalah, ternyata nunggunya cukup lamaaaa... kira-kira jam 2 siang baru saya dipanggil untuk foto. Udah deh, gak peduli tampang saya udah kucel, hidung meler, yang penting gue foto hari ini! Titik!
Abis foto, nunggu lagi buat wawancara. Ohmegat... another waiting binti waiting.... Bener-bener udah siap pingsan saya waktu itu, mana batre BB mulai kasih lampu kuning, jadi gak bisa maen2 deh, hiks.
Kurang lebih setengah jam kemudian nomor saya pun dipanggil. Tanya jawab basa-basi 5 menit, kelar deh.
Parahnya, di dalem situ (ruang foto + wawancara), setiap abis foto/wwcr, kita gak dikasih tau mesti ke loket mana. Cuma dikasih form, terus udah. Nebak-nebak sendiri deh abis ini ke mana hayo...
Jadi selesai dari wawancara, saya kebingungan sendiri. Ini form mesti disimpen ato kasih ke orang lagi ya? Akhirnya saya inisiatif ke loket pengambilan paspor. Nah ternyata form itu memang harus diserahin ke mereka, dan (lagi-lagi) saya harus dateng minggu depan. Oalahhh... repot bener seh... padahal udah foto (digital) dan wawancara, kenapa gak langsung print, jadi sih??
Well, kemaren itu berasa banget dah wasting time-nya. Dari jam 9.30 - 16.00, terdampar saya di sana!

Biaya:
paspor baru: 200.000
biaya TI (gak tau ini apaan, poto kali ye?): 55.000
biaya sidik jari: 15.000
Total: Rp 270.000,-



Trivias:
1. Saya sempet ketemu orang yang super ramah, yang begitu ngeliat muka saya langsung kasih suggestion buat pake labu parang. I'm trying it for these 2 days ;p let's see the result in like 2 weeks?
2. I met a lot of Indians there, mungkin karena lokasinya yang deket Pasar Baru? Hehe...
3. Last but not least, tadinya saya gak punya dana lho buat bikin paspor baru ini. Then I prayed, "God, please provide." I needed the money on Tuesday. By Sunday, on SinCia day, it was a suprise, I got angpaos from my bee's family&relatives! Hehe.. So, that's how my God provided me :) wonderful!!

2 comments:

Anonymous said...

say emng kartu ga bisa jadi hari yg sama? jd harus 3 hari urus paspor?

dwey said...

@anonymous:
sepengalaman saya sih gak bisa jadi satu hari.. paling cepet saya taunya 3 hari. Gak tau ya klo bisa 1 hr itu karena ada pelicin atau gimana, hehe