Thursday 3 May 2012

Berhati-hatilah akan apa yang kauminta!

Sebelum menikah, Desember 2010, gue dan calon suami waktu itu sepakat buat 'jaga' dulu selama 3 bulan. Pertimbangannya waktu itu gue bakal ada kerjaan waktu bulan Juni 2011 yang mengharuskan gue ke luar kota, dan bulan Juli kita ada rencana mau ke Vietnam.

Ternyata Tuhan merestui niat kami, dan pada bulan Mei 2011, gue dinyatakan positif hamil 5 minggu. Meskipun begitu, gue gak jadi ambil kerjaan bulan Juni itu karena takut nyusahin orang dan takut kalo kenapa-napa, baru masuk trimester 2 waktu itu. Tiket ke Vietnam juga terpaksa hangus, soalnya kita baru pulang dari Bali (biasa, promo tiket 0 rupiah), dan kalo mesti ke Vietnam lagi bisa-bisa pulangnya kita makan Indomie tiap hari :D
Anyway... Setelah menjalani 40 minggu kehamilan yang seru, gue dipaksa ngeluarin baby B segera. Kenapa dipaksa, soalnya ud masuk minggu 40 tapi si B belum juga turun, dan waktu dicek, denyut jantung dia mulai lemah. Singkat cerita, setelah diinduksi dan disuntik pelunak mulut rahim yang aduhai bin bajaj rasanya, keluarlah si bayi dengan selamat. Ternyata yang bikin dia gak turun-turun adalah tali pusernya yang kecentilan nempel di sebelah kepalanya, bikin seret jalan. Syukurlah obgyn gue dengan cepat ambil keputusan buat vacuum dia.
Lantas dimulailah kehidupan baru gue dan suami bersama Ben. Gue yang waktu itu lagi masa pemulihan ga ada ampun lanjut ngurusin Ben, apalagi gue dan suami sepakat kasih Ben ASIX, yang membuat gue hampir tiap jam duduk dengan seorang bayi tak berdaya nemplok di dada gue. Perjuangan gue menyusui itu cerita laen lagi yak..
Nah, selama itu, gue suka peratiin si Ben, gue pandangin badannya yang masih keriput, kulit mengelupas sana-sini, mata yang masih suka juling karena koordinasi syaraf yang belum sempurna, terus dia suka kagetan (refleks Moro), nangis.... Oya, pernah satu kali Ben malem-malem rewel banget. Waktu itu dia belum sebulan. Karena Ben bukan bayi yang suka rewel di malam hari selaen nangis minta nen, gue pun bingung. Feeling gue, soalnya hari itu kita baru kedatengan banyak tamu. Mitosnya sih kalo tamu dateng liat bayi, jangan langsung ketemu tapi nongkrong-nongkrong dulu di luar, soalnya ada yang 'ikut' dari perjalanan tadi. Tapi gue ga percaya tuh mitos, dan bener aja setelah gue googling, ternyata nervous system bayi umur segitu belum sempurna kan, jadi kalo ada perubahan, entah siang jadi malem, sepi jadi rame, dia jadi merasa terganggu.
Gue baru tau itu sekarang (Ben udah 3 bulan 27 hari) dan gue nyesel banget kenapa dulu gue taro si Ben di bawah dengan kondisi banyak orang. Tapi ya sutralah hay, nasi udah jadi bubur sumsum.
Gue masih suka takjub dengan kenyataan bahwa tadinya Ben itu gak ada, tapi karena keinginan suami dan gue ditambah restu Tuhan, terbentuklah dia dan lahirlah dia ke muka bumi yang kacau beliau ini. Gue suka kesian kalo liat dia nangis-nangis, kesian karena dia belum bisa kasi tau dia kenapa, kesian karena dia yang tadinya supernyaman dalam rahim sekarang harus beradaptasi sama kondisi luar rahim yang jauh berbeda, kesian karena seakan-akan 'gara-gara' suami dan gue pengen punya anak, lahirlah dia, gak ngerti apa-apa.
Mana dia lahir di tengah pasangan muda yang masih meraba-raba harus gimana buat ngurus dia, ngedidik dia. Gue inget salah satu isi janji nikah gue adalah ngedidik anak-anak yang Tuhan percayakan dalam jalan-jalan-Nya. Gue takut kalo gak bisa tepatin janji itu, makanya gue berusaha keras buat kasih yang terbaik ke Ben.
Dari situlah gue sadar, keputusan punya anak + dapetinnya itu tanggung jawab GEDE, bok. Gak cuma sekadar kepengen karena liat anak orang lucu dan ngegemesin, soalnya pas anak lo rewel rasanya senep juga.
Karena itu, buat pasangan suami istri yang masih acak adut hidup berdua, coba pikir-pikir lagi deh buat punya anak. Anak itu bukan alat pembuktian, tapi anugerah sekaligus tanggung jawab yang Tuhan kasih ke kita. Percayalah, kalo lo dinilai Tuhan udah siap dan mampu, pasti dikasih. Dan kalo lo dikasih padahal lo ngerasa belum siap dan belum mampu, percayalah, pasti ada anugerah buat itu. Because children are precious in His eyes.

No comments: