Wednesday 9 May 2012

Free lunch!

Sejak punya baby Ben, kita rada kepentok transport kalo mau ke mana-mana. Gue belum sampe ati bawa Ben naek motor jauh-jauh, kasian dia kena asep dan panasnya Jakarta. Kalo masih deket-deket kayak ke CP ato TA, masih oke buat naik motor.
Nah, karena gereja kita lokasinya nun jauh di sana, terpaksalah kita berpikir ulang buat tetep ibadah di situ apa ga. Ongkos taksi sekali jalan bisa 45 ribu, pp ya ampir 100 ribu. Kali 4 ud 400 ribu, lumanyun banget kan. Ada ibadah yang bisa ditoleransi dengan naik motor ke sana, tapi gue ga sreg. Akhirnya jatuh pilihan ke ibadah di sebuah hotel di bilangan Slipi.
Temen baek gue kebetulan di sana, dan dia emang suka ngajak kita ke sana. "Dapet makan duey," begitu promosinya. Karena dirasa cukup dekat, ya kita coba deh ke sana.
Ibadahnya umum, banyakan orang tua malah. Tata ibadahnya sederhana dan gak neko-neko. Si Bee juga cukup sreg di sini, jadilah kita rutin ke sana dan kasih perpuluhan juga ke sana.
Ibadah mulai pukul 8.30 dan selesai kira-kira pukul 11. Makan siang prasmanan 5 sayur pun udah tersaji di depan. Ada jg side dish, biasanya salad, pempek dan buah. Nanti ada lagi makanan yang diantar ke dalam ruang ibadah, biasanya soto-sotoan, kue-kue, puding dan buah lagi.
Kesannya indah dan kenyang kan? Well, to help you imagine, porsi makan tengahnya emang cukup banyak, porsi side dish-nya paling cuma buat belasan orang, sementara jemaat ± 70 orang DAN belum termasuk piyik-piyik sekolah minggu yang duluan kelar, makanan terakhir diantar itu juga sama nasibnya dengan side dish.
Gue sih ga kemaruk ya sama makan enak ala hotel gratis itu, tapi jujur gue sebal sama perilaku oknum-oknum yang masih norak padahal udah tiap minggu nikmatin hidangan itu. Nih:
1. Piyik-piyik yang suka ngambil banyak-banyak terus ga diabisin juga banyak-banyak.
2. Udah tau yang di side dish ga seberapa banyak, misalnya lagi ada sajian meat slices, ya ambillah sehelai yak, eh ini bisa sekali ambil empat.
3. Emak-emak yang penciumannya tajem banget dan jalannya juga supercepet. Baru juga tudung dibuka, mereka udah langsung nyendokin isinya ke piring, PENUH-PENUH. Makanan yang dianter ke dalem pun dengan cepat mereka buntutin.
4. Emak-emak yang ga ngerti ngantre. Udah nyelak, dia panggilin pula anaknya buat ikut ngambil.
5. Kita makannya dijatahin (prasmanan), emang cukup sih... Cuma abis itu liat emak-emak pada ngebungkus, terus yang dibagi juga para pemimpin, agak nyesek ya.

Minggu lalu saking emosinya, gue melanggar prinsip gue sendiri dengan ikut nyerobot! Nyerobotnya sopan tapi, gue berdiri deket-deket si emak yang nyerobot duluan. Hebatnya pada ga berasa kalo ada yang berdiri nempel di punggung mereka! Bukannya kasih jalan pas udahan, malah lama-lama ambil ini itu lagi.
Sungguh deh, gue bukan kemaruk makanannya. Tapi bener gue bete juga kalo tiap minggu begitu. Mesti ikhlas lepas aja kali ya? Dapet syukur ga dapet ya wassalam.. Namanya juga gratisan.

No comments: