Saturday 19 May 2012

will friends always be ones?

Waktu gue umur 3 tahun, gue bersekolah di TK yang bertempat di rumah Pak Camat. Waktu ngelewatin satu rumah yang terletak di depan jalan menuju rumah Pak Camat, gue ngeliat satu anak kira-kira seumuran gue sedang duduk di depan rumahnya sambil disuapin makan. Menurut kesaksian si embak yang nganterin gue dan anak itu, gue melambai ke dia dan nyeletuk, "Ayo, sekolah yuk!" Harusnya gue dijadiin semacam duta sekolah gitu ye....

Singkat cerita, anak itu ternyata tertarik dengan ajakan anak kecil sotoy asing yang melintas di depan rumahnya pagi itu. Dia pun ikut bersekolah, dan sejak saat itu, kami menjadi teman baik. Dari TK, SD, SMP, sampe SMA, kami selalu bareng. Meskipun gak selalu sekelas (biasanya dia masuk golongan anak-anak sangat pintar), kami sangat akrab dan sering berkunjung-kunjungan. 

Dia anak ketiga dari lima bersaudara. Di rumahnya yang besar selalu ada beberapa ekor anjing, dan dia menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa pengantar di keluarganya. Mamanya cantik dan baik. Kalo kami main ke sana, pasti ada aja suguhan makanan yang enak, minimal teh manis atau sirup, hm! Dia punya seorang nenek yang mengurusi mereka, khususnya dia, biasa disapa Nenek, yang sebenarnya bukan nenek kandung, tapi si Nenek ini sudah lama ikut keluarga besarnya. Hingga kematiannya, Nenek tetap setia mengabdi pada keluarga ini.

Gue inget, suatu kali waktu kita masih kelas 3 SD, temen gue ini, inisialnya P, gak masuk sekolah selama 3 hari karena sakit. Di hari kedua absennya, gue maen ke rumah dia dan cerita-cerita tentang apa yang terjadi selama dia gak masuk. Dasar tukang ngarang, tau-tau cerita gue berkembang semakin lebar, dengan tokoh sentral satu anak yang paling disebelin sekelas. Herannya, adik-adiknya ikut ngumpul dan cekakakan dengerin kibulan gue di sore hari yang panas itu. Beberapa tahun kemudian, si P mengaku kalo sebenernya dia tahu gue boong, tapi kibulan gue begitu mengagumkan sehingga dia gak keberatan dengerinnya :p

Kita sekolah di SD Katolik. Waktu mo masuk SMP, gue sudah membulatkan tekad untuk masuk SMP Negeri 1, karena masa itu, SMP Negeri 1 merupakan SMP terbaik di kampung gue itu. Si P juga ikutan, dan kami pun masuk golongan anak keturunan Tionghoa yang 'nekat' terjun ke alam negeri, alih-alih SMP swasta yang banyak menampung anak-anak Tionghoa berduit dan pintar.

Semasa SMP kami berbeda kelas selama tiga tahun itu. Di tahun kedua, gue bisa kenalan sama gebetan/first love gue berkat si P ini. Sayang, hubungan kami gak berumur panjang :(

Waktu SMA, kami lagi-lagi masuk SMA Negeri, dan sekelas. Waktu kelas 1, gue tahu si P naksir berat sama satu cowok, yang turned out naksir berat sama sepupu gue yang dia ketemuin di pesta ulang tahun gue dong dong dong. Gue juga curiga si P sempet suka sama satu cowok yang malah lebih tunjukin ketertarikannya sama gue, yang langsung gue tolak mentah-mentah waktu tau bulu keteknya gondrong. Dan sekarang gue punya suami yang bangga banget sama bulketnya! ><

Nah, waktu kelas 1 SMA, kita sempet tuker-tukeran diary gitu, cerita apa yang terjadi hari itu, dan kita bisa saling komen-komenan. Suatu kali, kita nulis tentang sahabat. Di ujung tulisannya, si P nulis gini: I don't believe in friendship. Alamak, apa gak berasa dituncep gue dari belakang. Entahlah, sejak itu rada males gue sama dia. Tapi kita tetep temenan deket.

Sebenernya, kadang gue ngerasa dia itu compete sama gue. Padahal ya ampun apalah yang mau disaingin, jelas-jelas dia lebih pinterrrr... Temen kita sih yang bilang gitu. Abis, gue unggul di musik dan bahasa Inggris, dan si P tampak ngejer banget di kedua bidang itu. Padahal ni anak matematiknya keren banget, gak kayak gue yang lemot, hehehe.

Sampe akhirnya kita berpisah di perguruan tinggi. Dia ke BiNus, gue ke Atma. Kesibukan kita masing-masing pun membuat kita makin jarang berkomunikasi. Yang tadinya masih sempet ketemuan beberapa bulan sekali, mulai makin jarang dan lama-lama gak pernah lagi. Paling kita cuma SMSan, yang kadang dibales luamaa... dan udah garing-garingan. Salah satu temen kita malah mengeluhkan gak pernah dibales SMSnya lebih dari sekali, telpon juga susaahh. Entahlah, kayaknya dia sibuknya melebihi presiden. Presiden kita aja di tengah berbagai krisis negeri masih sempet bikin album lho.

Lompat ke tahun 2010 waktu gue mo nikah. Gue kontek dia, dan dia bilang pasti akan dateng. Gue jalan ke rumahnya - yang ga jauh dari rumah gue - ngedrop undangan buat seisi keluarganya ke adeknya. Tapi di hari pernikahan gue, dia gak dateng. Dan gak ada kabar sama sekali sampe hari ini.

Hari ini, 18 Mei 2012, gue keingetan dia. Well, sebenernya udah dua harian gitu sih. What makes this date special is, ini adalah hari lahir dia. Tapi karena keyakinannya dan sekeluarga, they don't celebrate birthdays. Jadi tiap kali kita ucapin met ultah, pasti dia bales dengan thanks, tapi gue gak rayain. Gue berhenti ucapin dia sejak kurang lebih 3 tahun yang lalu.

Gue pengen kontek dia, tapi ada rasa canggung, tar gimana kalo dia jadi gak enak karena gak dateng merit gue terus minta-minta maap? (ciyeh, geer lo dweng) Tapi akhirnya gue putusin buat kontek dia. Pertama gue WA-in dia, rada pesimis, karena terlihat last seen itu 26 April. Centangnya juga cuma 1. G SMS, masuk. Eh, gak lama dia bales WA-nya. Dia bilang lagi sibuk kerja, lagi meeting (udah mo pukul 9 malem lho, Jumat malem). Terus kita ngobrol basa-basi, dia tanya soal anak dan gak nyinggung-nyinggung sama sekali tentang meritan gue.

Bingung sih bingung lho gue, tapi mo gimana? Gue juga males nodong, kok lu ga dateng merit gue? Ya biarlah dia yang jelasin kalo emang menurut dia perlu dijelasin. Yes?

No comments: