Sunday 1 July 2012

Melahirkan di Grha Kedoya

Semasa persiapan melahirkan, gue browsing tentang RS pilihan gue ini tapi infonya minim banget, mungkin karena RS ini masih tergolong baru. Gue harap postingan ini bisa menyumbangkan sedikit info buat para calon ibu lainnya.
Oke, pertama, kenapa gue pilih Grha Kedoya? Soalnya Dr. Radit, obgyn gue praktiknya di situ. Ada sih di RS laen, tapi konon klo di RS itu blio cuma dokter tamu jadi bisa aja blio ga hadir di hari H. Terus GK masih terhitung baru jadi fasilitas2nya masih bersih, oke dan ga rame.
Waktu survey ke sana, gue ngasi tau dan nekenin kalo gue pengen IMD, ASIX dan rooming-in. Leganya, susternya ternyata paham dan oke, rooming-in di semua kelas pun bisa. Gue ambil kelas 3, isinya 6 ranjang, harganya (medio akhir 2011) sekitar 7 jutaan.
Pada minggu ke-38, terakhir kali gue periksa ke Dr. Radit, blio bilang kalo minggu depan belum lahiran, gue harus cek detak jantung janin alias EKG di RS soalnya blio udah cuti sampe tanggal 27 Des kalo ga salah.
Minggu depannya, belum ada tanda2 lahiran, gue dan suami pun cek EKG. Hasilnya terjadi beberapa kali baby silent, yang kurleb artinya si janin diam dan gak aktif. Gue sampe dikasih oksigen karena pada satu titik baby silentnya drop parah, dan itu ngebantu banget. Gue EKG dua kali hari itu karena disuruh dokter makan&jalan-jalan dulu. EKG kedua cukup oke, dan gue disuruh nunggu lagi sampe minggu 40, EKG lagi, lalu besoknya kalo masih belum ada tanda2, EKG lagi. Sekali EKG berasa juga bo, 100rb.
Minggu 40, gue EKG lagi. Kali ini hasilnya agak mengkuatirkan. Baby silent masih sering sementara kontraksi gue masih sesekali. Tapi gue masih mau nunggu. Besok paginya, gue udah berdarah, tapi ga banyak, kontraksi pun ga berasa. Gue ke RS, dicek, ternyata belum pembukaan. Sekitar 2 jam kemudian dokter ngecek, udah pembukaan 1. Gue udah ga diizinin pulang, bayi harus keluar hari itu juga karena oksigennya udah mulai berkurang dari hasil EKG. Jam 4an gue EKG dan baby silent makin lama. Dokter yang tadinya kasih saran sekarang kasih perintah; induksi!
Sekitar jam 7 malem gue diinduksi plus suntik pelembut mulut rahim. Nah sakitnya aduhai melamboy dah nih, gue udah kayak gila, meriang, sakit perutnya sih gue masih bisa tahan, tapi begitu menjalar ke paha, minta ampunnnnn!
Suster2nya baik semua, apalagi pas gue itu cuma sendirian di ruang persiapan, totallah perhatian mereka. Oya, mereka rata2 suster senior di Siloam, malah ada satu yg dengan bangga nyeritaain fasilitas lahiran GK lengkap banget.
Sekitar jam 10 malem akhirnya gue dibawa juga ke ruang melahirkan. Suami gue dilarang masuk sampe dokter dateng :( Sebagai kompensasi, satu suster yang suabaaar banget gue ga bolehin ke mana2, dan dengan setia dia pegangin tangan gue, hehehe. Tekun banget deh dia ingetin gue buat atur pernapasan, think positive, inget2 si dede, ga boleh panik, dll. Dia juga sabar banget ngeladenin gue yang banyak tanya, minta teh manis lah, top deh pokoknya.
Jam 11an malem, gue udah ga tahan nahan ngeden, itu bener2 kayak ada yang mo dobrak dari dalem dan gue ga bisa tahan. Gue cuma bisa bawel cari dokter mana dokter. Suster2nya keliatan mulai rada panik dan nelponin dokter. Ga lama Dr. Radit muncul dan gue pun dapet izin bebas ngeden, yang somehow tiba2 gue jadi ga ada hasrat ngeden lagi!! Huaah!
Waktu diliat ternyata si Ben ketahan tali pusar, gue langsung dipasangin oksigen lagi dan dengan bantuan vakum, lahirlah Benedict Guido dengan selamat pada hari Kamis, 5 Januari 2012 pkl 00.01 (catetan RS 00.03).
Setelah Ben dibersihkan seadanya (disedot, meconiumnya juga udah keluar), tapi belum mandi, ditarolah si bayi di atas dada gue sebagai proses IMD. Waw! Maka jadilah, sambil dijait, gue menikmati IMD sama my new baby ♥
Total waktu kita IMD 1,5 jam (dibagi 2 sesi karena Ben mo dibersihin bener2), sekitar pukul 2 pagi barulah gue dipindahin ke kamar. Suami ikutan tidur di lantai, sebenernya gak boleh karena itu kelas III, tapi dibiarin sampe kira2 pukul 6 pagi satpam minta suami keluar :(
Gue di sana 3 hari, bilirubin Ben cantik banget (5!), dapet breast massage sekali, suster2nya ramah semua dan keliatan banget sayang sama anak2. Pukul 2 pagi sekalipun kalo gue ngebel minta diajarin nenenin pasti ditungguin sampe gue bisa atau sampe gue nyerah :)
Satu2nya cacat waktu hari Ben pulang, mosok paketnya dapet susu kaleng, tasnya juga disponsori merk sufor... Tapi gue tolak susunya dan gue bilang buat yang lebih butuh aja. Si suster berkali2 bilang ini gratis, huehehe, dikira gue takut disuruh bayar kali ye, gratis aja ogah Sus!
Anyhoo, I highly recommend this hospital, well, at least selama mereka konsisten dengan mutu layanan mereka :)

4 comments:

PIYO said...

I HOPE IT HAPPEND TO ME .....

katacheo said...

kenapa mba? ^^

zahra hilabi said...

hello mommies, salam kenal.
wah.. aku juga mau melahirkan disana.
tapi memangnya kelas 3 baby bisa rooming-in yah?
soalnya yg aku baca2 dari milis2 di graha kedoya ga bisa rooming in klo ga kelas 1 utama -vvip.
selain itu, waktu melahirkan suami beneran ga boleh nemenin kita?
hiks sedih juga yah kalau ga bisa.
mohon infonya yah mommy ben.
rencananya aku jg mau ambil yg kelas 3 di graha kedoya. :)
thank you.

katacheo said...

hello mbak.. :) wah, udah deket due date ya??
waktu aku pertama survey, susternya bilangnya bisa, tapi pas hari H, waktu aku tanya lagi soal rooming-in, susternya kaya' nakutin gitu, kalo rooming-in bisa, cuma urus sendiri baby-nya, susnya ga ikutan. Lah sebagai newbie ya aku jiper mbak, hiks.. Padahal setelah tanya-tanya ke AIMI ternyata itu masuk ke peraturan, PP 33/2012, coba mbak, pede minta haknya ^^
waktu melahirkan suami boleh kok nemenin, cumaaa waktu pengalaman aku ya, sebelum dokter masuk, suami ga diizinin masuk sama susnya.. Kakakku waktu tau juga bingung sih dan bilang harusnya boleh, bisa minta.. Begitu dokter masuk suamiku langsung dipanggil sih, jadi dia sambil ngerekam sambil megangin tanganku, hehe... Nah waktu susnya bilang suami ga boleh masuk dulu sebelum dokter datang, aku bilang kalo gitu suster harus temenin aku terus ga boleh ke mana-mana, harus pegangin tanganku.. Eh susternya mau lho, haha... Susternya bae2 mbak, sabarrrr bener ngadepin aku yang banyak tanya ini itu, malah minta teh manis selagi rusuh-rusuhnya ngeden :p
Oya, aku kan lahiran tengah malam, terus suami ikut anter ke kamar, nah, kecolongan deh mereka, suamiku berhasil tidur di lantai di bawah ranjangku, tapi pas jam 5an pagi gitu akhirnya diminta keluar sama satpamnya.. Abis itu ada ibu-ibu yang lahiran juga langsung dilarang mentah-mentah suaminya masuk, padahal jam-jam tengah malam juga, haha...
HTH ya! Cheers...