Friday 6 July 2012

Sweet Victory

Ben,
Hari ini, 5 Juli 2012, kamu genap berumur 6 bulan. 6 bulan pula perjuangan Mama memberikan ASI Eksklusif (ASIX) untukmu. Belum hilang dari ingatan Mama, pada jam pertama kehidupanmu, kamu diletakkan di atas dada Mama untuk melakukan IMD (Inisiasi Menyusu Dini). Hebatnya, kamu yang masih fresh from the oven itu berhasil menemukan puting Mama! Yay!
Beberapa jam kemudian, kamu kembali ketemu Mama untuk sesi menyusu perdana. Bidan memencet puting Mama dan keluarlah cairan emas itu. Kata bidan, "Duh, tuh liat, kolostrumnya cakep banget kuningnya!"
Sempat terganjal flat nipple, Mama pun tiap hari menarik-narik puting, kadang dengan tangan, kadang dengan spuit - yang bikin meringis sakitnya. Sebulan pertama menyusui terasa menyiksa, Mama ingat setiap kali kamu menyusu dari sebelah kiri, pasti Mama nendangin kaki dulu saking perihnya tarikan pertamamu. Mama cuma bisa membesarkan semangat dengan berkata, "Kita sama-sama belajar, Ben, kita pasti bisa lewatin, kita satu tim yang hebat!" Tentu saja ada kehadiran satu anggota tim lagi yang tak bisa diremehkan; Papa. Di awal-awal, Papa setia narikin kursi untuk Mama taruh kaki, letakin bantal di belakang punggung Mama, ambilin minum buat Mama waktu Mama bangunin tengah malam. Sampai sekarang pun, Papa tetap setia berusaha menciptakan suasana menyusui yang nyaman buat kita. Dan ketika ada yang mencoba menggoyahkan pilihan kita untuk menyusui eksklusif 6 bulan, Papa siap melindungi kita.
Ya, niat baik dan mulia untuk memberi hanya ASI untukmu ternyata ada saja cobaannya. Namun berkat pencerahan yang sudah Papa-Mama dapat dari Klinik Laktasi Sint Carolus, @ID_AyahAsi (om2 koplak yang luar biasa suportif dan menghibur), @aimiasi (tante2 lemah lembut yang gigih memperjuangkan hak bayi-bayi Indonesia), @tipsmenyusui (konsultan misterius yang selalu siap sedia menerima curhatan dan berbagai pertanyaan), dan auntie Devi tentunya, kamu tetap mendapat yang terbaik di 6 bulan pertama kehidupanmu.
6 bulan sudah kita lewati bersama, Ben. Sekarang menyusui adalah momen yang sangat menyenangkan! Lucu bagaimana waktu pertama-tama kita ke mal, Mama merasa gelisah, kepingin nyusuin kamu, dan benar, waktu menyusui, Mama langsung merasa tenaaaang dan nyaman banget :) Amazing ya, breastfeeding is working wonderfully both to the baby and the mother.
Happy 6 month, BabyBen. Congratulations to us.
Semoga kita bisa menyelesaikan hingga babak akhir nanti, because we are a great team!
Love,
Mama

No comments: