Tuesday 29 December 2009

Help! Butuh kursus "Minta Maaf yang Baik&Benar"!!!


Bagi beberapa orang, khususnya yang terdekat, saya dikenal dengan Ms. Complain.
Adaaa aja yang bisa saya komplenkan, apalagi kalo sudah berurusan dengan customer service. Bagi saya sebenarnya gak masalah punya julukan seperti itu, walopun kadang-kadang jujurrrr, saya agak merasa tertuduh. Masak iya sih saya sebegitu rewelnya? Hiks.
Well let's say that saya kurang bisa menerima kalo terjadi hal-hal yang tidak seharusnya, apalagi kalo menimpa saya, haha...
Salah satu yang baru-baru ini terjadi adalah pengalaman saya di Cheese Cake Factory Tomang, udah pernah di-post di sini. Seneng banget dan gak terduga sama sekali waktu dapet treatment seperti itu dari Pak Adrian, sang manajer. E-mail saya ke Cheese Cake Factory pun ditanggapi dengan sangat baik, sama sekali tidak ada nada membela diri.
Namun tentu tidak semua orang pintar meminta maaf.
Saya bekerja di kantor yang bergerak di bidang keagamaan. Nah, biasanya orang berpikir kalo kerja di kantor begini pastiii orang-orangnya holy, baek, oh so perfecto deh. Salah besar sodara-sodara, di sinilah tempat praktek kesabaran yang amat sangat baik! Haha...
Oke, back to topic.
Jadi suatu kali saya menerima surat undangan sebuah acara. Di surat itu tertulis header-nya untuk seorang pemimpin di divisi A, yang kebetulan satu atap sama divisi saya. Saya patuh aja dong sama instruksi tersebut dan menyerahkan surat tersebut ke beliau.
Beberapa waktu kemudian, seseorang dari kantor pusat saya menelepon dan menanyakan soal undangan acara tersebut, intinya apakah saya sudah menyampaikannya ke pemimpin saya.
Ya saya jawab aja belum, gak, wong suratnya aja gak dapet kok. Dia mulai kesal dan bilang kalo surat itu dikirimkan juga buat divisi saya. Saya coba mengingatkan fakta bahwa divisi A dan divisi saya itu beda. Lalu dia menyanggah lagi, "Kan kalian satu gedung, emang kenapa kalo disampein aja sih?" Lah. Kali-kali aja lupa, saya ingetin lagi, "Mbak, itu surat ditujukan buat si Bapak Bla-bla, bukan buat pemimpin saya." Lalu dengan nada suara yang kentara banget keselnya, dia bilang gini, "Ya udah, kalo emang saya yang salah sori DEH! Tapi gimana nih?"
Ye. Minta maaf tapi marah-marah.... Mungkin kemaren belajar minta maafnya cuma sampe dikasi tau kalo udah kepepet ya minta maaf aja....
Ada pula tingkatan yang gak kalah bikin ilfil, yaitu tingkat tidak bisa minta maaf. Ato mungkin gak ngerti caranya. Kalo gak ngerti, ya dimaklumin, mungkin belum melek maaf.
Hal ini saya alami semalam waktu ingin menebus voucher compliment dari Pancious TA. Saya sudah beberapa kali makan di Pancious - juaranya memang yang di Permata Hijau - dan selama ini cukup puas dengan makanan & pelayanannya (PH khususnya). Jadi gak ada prasangka negatif waktu masuk ke resto baru yang ambience-nya cukup cozy ini.
Eh ndilalah, waktu duduk, saya menyeret bangku agar lebih deket ke meja dan ternyata oh ternyata, ada bekas muntahan di tangan saya!!! Euuwww.... Si pelayan cuma bisa bengong and notice this:
1. Dia tidak minta maaf sedikit pun
2. Waktu saya tanya wastafel di mana, dia bilang TIDAK ADA wastafel di sana. Oh helloo... di resto gak ada wastafel? She told me to go upstair, cari restroom di deket foodcourt. Begh, daripada repot, saya dengan cuek ngeloyor masuk ke KFC dan numpang cuci tangan (maap dan terima kasih yaaa.. hehe).
3. Dia tidak berinisiatif ngapa-ngapain. Yang suruh saya pake tisu juga sodara saya, yang minta pindah tempat juga sodara saya dan si bee.
4. Dia lap MEJA-nya bukan KURSI-nya.
Waks. Saya sudah laporin masalah ini (cie!) lewat form kritik-saran mereka, ke fb mereka (yang ternyata punya fans) dan ke website mereka. Sampai saat ini sih belum ada tanggapan.
Dan yang terakhir... ada orang yang sudah gak mau minta maaf, masih galak lagi. Haha.
Jadi ceritanya kantor saya ngeluarin brosur gitu, ada acara bersama lah. Terus PIC acara setiap area dicantumkan beserta nomor teleponnya. Karena merasa gak menjadi PIC, ya saya bingung waktu ada tante-tante yang telepon buat tanya-tanya. Dan dia telepon ke CDMA saya, yang sebenernya bersifat private dan gak pernah di-publish.
Menurut saya wajar kalo orang yang saya hubungi adalah orang dari divisi yang mencetak brosur itu. Saya e-mail dia dan bilang klo ada kesalahan bla-bla dan minta agar next edition gak cantumin nomor saya lagi.
Balesannya singkat, padat dan ... err, jelas? Jelas nyebelin, haha....
Intinya dia bilang kalo mereka cuma dapet data dari divisi laen. Gak ada minta maaf, gak ada basa-basi, gak ada penawaran buat dia coba ngecek ke divisi penyedia data tersebut. Okee... Seandainya kalo saya ini klien luar, apakah jawabannya sama ya?
Hari ini saya sudah menghubungi pihak penyedia data dan hal ini udah dibereskan. Meskipun gak salah, tapi dia minta maaf untuk rekannya yang memberikan data saya itu. Menyenangkan juga kan kalo ketemu orang yang gak pelit minta maaf? Asal jangan lebai, apalagi minus.
Jangan sampe deh, kita cuma bisa ketemu kata 'maaf' di dalam kamus.







No comments: