Wednesday 13 October 2010

Ngurus surat nikah N1-N4, PM 1 - wedding preparation (updated 13.10.2010)

Oke... acara pemberkatan + resepsi sebagian besar udah kebayang dan dituangkan dalam bentuk rundown. Udah ketemu panitia inti 2x, ketemu pembina BPN juga udah... Sekarang ngurus surat ke kelurahan.
Tadinya sempat ketar ketir karena info yang didapat simpang siur. Coba googling juga kebanyakan refer ke pernikahan muslim, yang kayaknya agak berbeda.
Karena itu saya kasih judul post kali ini ada embel-embel 'ngurus surat nikah'nya, siapa tahu ada orang lain yang punya keperluan kayak saya, kali-kali bisa nemu tulisan ini waktu lagi googling :)




Nah, menurut hasil googling, rata-rata bilang, ke kelurahan itu harus bawa surat pengantar RT/RW, fotokopi KTP 2 buah, fotokopi KK, fotokopi KTP & KK pasangan. Ada juga yang bilang harus bawa foto berdua --- tapi ini kayaknya kalo nikahnya di KUA. Pak RT saya sendiri gak ada sebut-sebut syarat itu. Dia cuma memberikan surat pengantar, lalu menyuruh saya membawa itu ke kelurahan.
Oya, mungkin berhubung Pak RT nya kenal sama saya dan emang orangnya baik, itu surat jadi gak nyampe sehari. Saya kasih kelengkapan kira-kira pukul 18.30, suratnya dianter Pak RT kurang lebih 2 jam kemudian.
Meskipun ragu, akhirnya hari ini saya ke kelurahan. Minimal kalo berkas-berkas saya belum lengkap, saya bisa tanya-tanya apa yang harus saya lengkapi. Agak jiper juga, karena ada yang pengalaman gak dikasi masuk sama hansipnya, jadi diurusin hansip (kena 70rb). Makanya waktu saya disapa hansip di depan, saya langsung menciut. Untungnya si hansip langsung mengantar saya ketemu seorang ibu. Si ibu mengajak saya ke atas setelah melihat sekilas surat pengantar saya. Dia langsung mengurus di pojok sana, sementara saya disuruh duduk.
Lagi duduk-duduk menunggu, seorang bapak berdiri menatap saya. Saya lupa dia nanya atau cuma kasih gesture, saya kasih tau saya lagi nunggu surat N1. Lalu, tau-tau dia ngajak saya masuk ke ruangannya! OEMJI. Saya langsung shock. Saya masih sibuk mereka-reka ini orang siapa... sepertinya dia Pak Lurah deh, hihi.
Lalu kita duduk di meja dia, dan dia mulai bertanya-tanya. Pertama dia nanya saya gereja di mana. Dari nama dia, Yoseph N., saya menerka dia juga orang gereja. Dia cukup ramah mengajak saya ngobrol. Malah dia kasih wejangan segala, pesta gak usah wah, pikir ke depan. Saya cerita kalo biaya pernikahan ini kami tanggung berdua, dia seneng banget. Dia bilang, "Wah, kalo gitu pemikiran kita udah sejalan nih, udah klop." Hahaha.
Setelah tau nama saya, dia juga beberapa kali menyebut nama dalam obrolan kami. Beberapa kali orang hilir mudik masuk membawa surat-surat untuk dia tanda tangani. Dia juga ngasih wejangan soal berumah tangga itu harus terbuka, istri kalo bisa masih kerja sampe dia capek, dll.
Lalu masuklah si ibu yang mengurus surat saya itu, dia kasih 4 lembar, lalu... segepok karcis PMI dong! Yaelah... ini karcis pemalak nomor 1 di Indonesia deh.
Selesai ditandatangani Pak Lurah - dia dengan telaten nyobekin perforasinya satu-satu -, saya pun pamit. Gak lupa jabat tangan ucapan terima kasih. Di luar saya udah ditunggu si ibu. Karena gak enak, saya tanya, administrasinya berapa. Dia bilang, sama karcis PMI jadi 50rb. Karcisnya saya itung ada 10 lembar x 1000. Jadi kalo diitung2, saya ngurus surat N1-N4 nya 'hanya' 40rb. Lumayan murah dibanding info yang saya dapet dari google :) Saya sempet minta kurangin sih, tapi kata ibunya, "Itu ada PMInya..." Huh. Lama-lama berubah nama jadi Palak Masyarakat Indonesia juga nih.
Jadii... kurang lebih 30 menit, selesai sudah urusan N1-N4 dan PM 1 yang saya pikir bakal beribet! Hehehe...
Credits to Mas Agus (Pak RT) dan Pak Yoseph Nicholas (Pak Lurah) yang gak mempersulit saya. Dan of course dong, Bapa di surga yang pasti ikut turun tangan ngurusin nikahan putrinya ini :)


Rapel biaya:
Surat pengantar dari RW ....... (10.000) >> Mas Agus minta buat Pak RW. Dia sendiri sukarela.
Surat N1, N2, N4 dan PM 1....... (50.000) >> udah plus pemalakan PMI


Oya, just info:
Surat PM 1: surat keterangan bahwa kita benar adalah warga kelurahan situ.
Surat N1   : surat keterangan untuk nikah
Surat N2   : surat keterangan asal usul
Surat N4   : surat keterangan orang tua


Berkas yang saya bawa ke kelurahan:
1. Surat pengantar RT/RW
2. Fotokopi KTP saya (1)
3. Fotokopi KK saya (1)


Ada beberapa orang yang habis dari kelurahan disuruh minta tanda tangan lagi dari RT/RW-nya. Tapi saya gak, hehehe...
Well, sekian update-nya. Moga-moga membantu yang mampir ke sini...
nih 10 lbr karcis Palak Merah Indonesia itu






my signature

2 comments:

Jos said...

i think it's quite helpful for me later... at least become know what all those letters/forms about :) be blessed ur prep n ur wedding n ur marriage life later !

Lia_soc said...

gue lebih sue kak, nyokap gue kasih 200rb ke Rt gue suruh ngurusin, die gak mau repot2. uda dapet smua surat2 lengkap, eh gue gak jadi catatan sipil di indo.... jadi di amrik, capeeeeeeeeeeee deh, 200rb melayang gitu loh, lumayan kan buat ngebakso?