Friday 5 November 2010

blessed to bless... YEAH

Oke, gue mo marah2 dulu ya.
Jadi kan gue udah gak kerja kantoran lagi, jadi freelance translator/editor/interpreter/private teacher aja di rumah. Nah, suatu kali gue dapet kerjaan. Yang ngasih kerjaan ini bukan orang gak dikenal, dia bos yayasan yang seatap sama eks kantor gue. Nih orang sih emang udah terkenal pelit dan aneh. Parah deh anehnya. Kita bisa bikin buku yang nyaingin My Stupid Boss saking anehnya tuh orang (huehue, geer).
Berhubung gue gak punya fixed income lagi, dan pengalaman gue dulu-dulu kurang memuaskan sama ini orang yang kalo kasih honor bisa kalo pas dia inget, gue pun kasih perhitungan fee di awal. Gue gak mau mangkel selama ngerjain materi ini, makanya gue pengen fair di muka.

Salah satu materi berbentuk PPT, dan untuk ngitung karakternya rada ribet. Akhirnya gue convert PPT ke PDF, convert lagi ke Word, buang image dan bahasa laen yang gak mungkin bisa gue terjemahin, akhirnya dapetlah perhitungan karakter yang fair, menurut gue.
Gue layangkanlah perhitungan biaya gue. Dia janji bakal kasih kabar - karena ceritanya bukan dia yang bakal keluarin duit, tapi yayasan laennya. Seminggu kemudian, dia nelpon dan ngasih tahu kalo yayasan yang bakal bayar gue itu deal dengan harga gue. Gue lalu minta deadline diundurin karena syarat dari gue, kalo harganya deal baru gue kerjain. Dia ketawa ga rela gitu. Tapi yang bikin gue kaget ampe mangkel 3 hari adalah komen dia berikut ini:
"Oke Dew, kamu kan mintanya XX 20ribuan... XX aja ya."
HAH! What the??? Gue ampe gak percaya ini orang bisa-bisanya ngomong begitu! Saking emosinya gue gak sanggup kasih komentar witty, gue cuma bilang, "Hah? Orang di mana-mana tuh ngebuletin ke atas, bukan ke bawah! Ya udah, buat Kakak aja lah 20 ribunya itu kalo emang gak mau kasih."
Dia bales dengan nada gak enak gitu, "Eh, jangan ngomong gitu dong..."
"Lha ya iya abis 20 ribu gitu! Lagian kan ini transfer, bukan cash! Angka ganjil pun tetep bisa masuk dong?"
"Iya deh iya deh, saya kasih XX, 20ribuan itu."
End of the conversation.
Tapi jujur, gue sakit ati ampe 3 hari. Beneran deh. Mestinya gue setujuin aja kali ya, tapi dengan catatan, karena 20ribu itu kurang lebih ongkos 2 halaman, gue gak usah kerjain 2 halaman -random. Hihi.
Kok bisa-bisanya yaaaa tuh orang mikirnya begitu.
Gue itung dia fair lho! Kalo ga, ngapain gue susah payah mo convert tuh PPT yang 168 halaman sebesar 17,2 MB ke PDF lalu ke Word lagi, terus gue kerajinan ngapus2in image dan bahasa laennya itu?
Apa sih yang ada di otak dia?? Ngambil untung? Astaganagajingkrak, ini FEE lho, bukan PK alias PERSEMBAHAN KASIH!!
Kok gak bisa sih menghargai orang laen? Heran gue, ini yayasan ceritanya mengagung-agungkan nilai-nilai kekristenan, tapi tindak-tanduk (pemimpin)nya kok gak banget. 20 ribu aja mau ditilep! 20 ribu aja gak rela buat menghargai, mengapresiasi hasil kerja keras orang lain!
Ini yang kadang bikin keki sama yang namanya gereja. Kayaknya identik banget sama gak mau keluar duit, takut keluar duit, pelayanan mesti berkorban sampe rela gak dibayar. Emang benerrrr... lu pelayanan mesti rela. Tapi people must meet their ends kannn....
Gereja bisa minta orang berkorban, tapi sendirinya berkorban untuk orang lain susah bener... Buat apa lu diberkati kalo ngeberkati orang lain aja males? Gimana lu mau diberkatin kalo lu nahan berkat mulu dari orang lain?
Jujur gue males banget ngerjain tuh materi sekarang. Padahal fee-nya lumayan juga. Huhhh... mesti nebelin mood deh sekarang! Inget iPod Nano! Inget meritan! Inget pulsa! Ciao!


1 comment:

Lia_soc said...

hahaha, bantai kak, bantai...mestinya elu buletin aja 20 rb jadi cepe-ceng... hehe...