Tuesday 17 November 2009

Have You Said Them Lately?


"Begini Nak.. saat kita memancing di lautan, dan jika ikannya, err... ikannya..."
Flint memandang ayahnya bingung. Ayahnya- yang matanya hampir selalu tersembunyi di balik alisnya yang tebal - memandang balik dengan ekspresi bingung.
Sang ayah sedang berusaha keras untuk menghibur puteranya, yang -lagi-lagi- gagal dalam penemuannya. Digambarkan sebagai seorang pria yang jarang bicara, dia kesulitan menemukan kata-kata yang pas untuk mengungkapkan isi hatinya. Dia pun mencoba menggunakan perumpamaan - seperti yang sering dilakukan dalam film-film Hollywood kebanyakan - dan sebagai seorang nelayan, dia mencoba mengambil contoh dari kegiatan memancing. Well, tidak semuanya bisa dijadikan perumpamaan ternyata.



Bahkan ketika akhirnya Flint berhasil menyelamatkan kota mereka dari serangan hujan burger dan pizza raksasa, sang ayah tetap tidak berhasil menemukan kata-kata yang tepat.
Gemas melihat ayah-anak yang mengalami malfungsi dalam komunikasi ini, seorang reporter muda, Sam Sparks, mengambil alat penerjemah bahasa monyet (temuan Flint) yang dikenakan Steve (monyet-asisten Flint) dan memasangnya di kepala Mr. Lockwood senior.
Alat itu ternyata berhasil menerjemahkan apa yang ada di dalam hati sang ayah, yang selama ini hanya bisa dia pendam, dan terdengarlah kata-kata yang selalu ingin didengar oleh Flint. Sederhana, tanpa perumpamaan, tanpa balutan istilah-istilah yang indah dan mengundang decak kagum.

Ya, kadang-kadang ungkapan kasih sayang seperti:
"Kau lihat bintang di atas sana? Dia akan selalu ada di sana, seperti engkau akan selalu ada di hatiku." --1,000 BC--
"When you realise you want to spend the rest of your life with somebody, you want the rest of your life to start as soon as possible."
--When Harry Met Sally--
bisa membuat kita semriwing rasanya, jantung serasa melayang, wajah memerah, langit lebih biru dan semuanya terasa lebih indah!

Tapi ada kata-kata yang lebih kuno & jauh lebih sederhana daripada itu semua, dan percayalah, these words never fail. They are:
*I love you
*I'm proud of you
*I'm sorry
*Thank you

Have you told them to those who need to hear that? Jangan sampai tahu-tahu kita harus mengenakan alat penerjemah bahasa (monyet) hanya untuk menyatakan kata-kata sederhana - tapi powerful - itu.

No comments: